Cara Merubah Laptop Menjadi Hotspot Wifi

Kali ini saya akan berbagi trik atau cara merubah laptop/komputer/PC menjadi hotspot wifi sehingga fungsi menjadi persis seperti router. Untuk threat yang ini saya hanya akan mengulas cara merubahnya tanpa bantuan aplikasi alias menggunakan perintah DOS atau melalui cmd prompt.

Oke langsung aja berikut langkah-langkahnya gan :
Pertama, siapkan sebuah laptop atau PC yang telah terkoneksi dengan internet yang memadai misalnya dengan menggunakan modem ataupun sambungan LAN. Untuk PC desktop pastikan sudah ada wifi adapternya.

Kedua, aktifkan wifi adapternya, tergantung jenis devicenya, kalau laptop biasanya ada tombol tertentu atau kombinasi tombol tertentu di keyboard.

Ketiga, setelah wifi aktif lalu kita menuju command prompt yang bisa di cari melalui start + All Programs + Accessories + command prompt (Klik kanan) lalu pilih Run as Administrator.

Keempat, Langkah berikutnya setelah muncul kotak dialog command prompt, ketikkan baris perintah sebagai berikut :

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namahostpot key=minimal8karakter

setelah itu tekan enter. Untuk ssid silahkan isi sesuai dengan selera atau kebutuhan misalnya “hotspotku” atau “myhotspot” dan sebagainya. Key berfungsi untuk password yang isinya minimal 8 karakter. Sebagai contoh ssid saya buat ‘hotspotku’ dan key ‘12345678’. Jika berhasil maka akan menjadi seperti ini.


Lalu ketik perintah

netsh wlan start hostednetwork

Jika berhasil maka akan menjadi seperti di bawah ini.


Selamat laptop Anda telah menjadi hotspot! Tapi pekerjaan belum selesai gan karena hotspot yang anda buat belum terhubung ke internet. Agar hostspot dapat digunakan maka kita perlu menghubungkan koneksi internet yang telah ada ke hotspot yang baru kita buat tadi. Berikut ini ulasannya :

Pertama, buka Network and Sharing Center. Pada kotak dialog di bawah ini perhatikan bahwa ada dua koneksi internet. Yang atas adalah keneksi yang aktif (Tsel) yang memiliki internet access sementara kedua atau bawah (Hotspotku) belum memiliki internet access .  Hal ini dapat diketahui dengan melihat pada toolbar bagian kanan, dengan mengklik bagian “currently connected to” yang ditandai dengan icon seperti ini . Khusus untuk koneksi pada “Hotspotku” perhatikan tab Connections : Wireless Network Connection 2. Hal ini penting untuk pengaturan internet sharing.



Kedua, Perhatikan koneksi internet yang aktif (yang atas) lalu klik pada “Mobile Broadband Connection 3” maka akan muncul kontak dialog seperti di bawah ini


Lalu klik pada Propertiessharing + Allow other network users to connect through this computer’s internet connenction dan pilih  Wireless Network Connection 2 dan klik OK.



Selamat Anda sudah bisa menggunakan hotspot yang baru saja Anda buat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Merubah Laptop Menjadi Hotspot Wifi"

Posting Komentar